;
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Generate link www.4shared.com - supported by www.4server.info

Rabu, 29 Agustus 2012

Apakah Overbought atau Oversold...?

Share

Market bekerja agar harga sesuai dengan permintaan dan penawaran. Jika harga hampir selalu sama dengan demand, bagaimana mungkin harga dikatakan overbought atau oversold? Mungkin saja harga menjadi mahal, tetapi kata "mahal atau murah" adalah relatif. Sebagai contoh, katakan anda membeli lukisan buatan pelukis tidak terkenal seharga satu juta rupiah. Minggu depan pelukis ini muncul dalam cover majalah seni dan karyanya mulai dikenal umum, sehingga lukisan yang anda miliki sekarang bernilai 5 juta. Sebagian orang menganggap lukisan itu mahal, overbougt, karena nilainya melonjak drastis. Bagaimana jika kemudian seorang kolektor membeli lukisan yang sama dengan harga 10 juta? semua indikator akan mengatakan bahwa harga overbought karena naik tinggi dalam waktu singkat. Fakta sebenarnya adalah supply dan demand berada pada ekuilibrium baru -apapun alasannya-. Dalam pasar yang efisien walau tidak sempurna, tidak ada istilah overbought/oversold tersebut. Harga berada pada satu level karena memang ia harus berada pada level tersebut.

Dari sudut manapun anda melihatnya, market berjalan se efisien mungkin. Jika anda mendapatkan profit, di sisi lain ada yang mengalami kerugian. Jumlah supply dan demand yang terjadi disebut volume, dan ini adalah fakta. Baik harga dan volume adalah absolut dan fakta dari pasar, karena keduanya tidak terdistorsi. Justru indikator yang digunakan dalam analisa teknikal yang umumnya mendistorsi price dan volume. Kebanyakan kita dalam mengamati chart terutama jika menggunakan indikator lebih sering terfokus pada gerak indikator dibanding price action nya sendiri. Padahal sudah sangat jelas bahwa indikator adalah turunan baik dari harga dan volume. Analoginya adalah anda ingin menikah dengan indi dan hidup bahagia dengan miss indi. Langkah yang paling masuk akal adalah anda datang kepada orang tua miss indi untuk melamar anaknya. Anda akan bicara dengan emak (volume) dan bapaknya (price), barulah kalo mereka setuju, bro mendapat restu untuk menikahi si indi. Proses ini jangan dibalik, bakalan tidak direstui, boro-boro dapet berkah...hehehe.

Coba lihat pada chart berikut ini:
 
Spoiler:
Perhatikan bagaimana kedua indikator baik stochastic dan RSI menunjukan signal memasuki area oversold (garis vertikal merah). Jika saja fokus pengamatan terpusat pada indikator, anda akan kehilangan momentum. Dan ini akan berdampak pada keraguan anda mengambil keputusan. Lihat saja pada titik dengan vertikal biru, anda akan makin bingung, harga sudah disebut "oversold", tapi terus turun. Jika sequence pengambilan keputusan didominasi indikator, saya yakin keputusan yang diambil akan banyak mengalami distorsi. Seorang pedagang akan mengedepankan akal sehatnya, saat ia melihat bahwa mulai terjadi pergeseran supply dan demand (pada chart breakdown dari dua garis datar) yang menyebabkan harga keluar dari kisaran sebelumnya. Jika pedagang HP nexian melihat harga mulai turun dari kisaran normal, ia tidak perlu larak-lirik ke segala penjuru, dan coba jual mahal. Sudah pasti ia akan menurunkan harga, apalagi stock banyak, mengikuti harga baru yang terbentuk daripada barang tidak laku. 

Spoiler:
Nah jika anda ingin menggunakan indikator, sebaiknya tempatkan indikator tersebut pada porsi yang sebenarnya. Yakni indikator menyesuaikan diri kepada harga, bukan sebaliknya. Perhatikan saat harga kembali turun dari upmoves sebelumnya yang dimulai dari garis vertikal merah, dan memasuki area S/D sebelumnya (vertikal biru), anda baru diijinkan (direstui) untuk melihat miss indi. Dan jika miss indi ternyata setuju (dalam hal ini overrsold), maka besar peluang anda untuk mendapatkan profit dengan melakukan pullback entry. Silahkan dikawini dan semoga menjadi keluarga yang bahagia (profitable).........Semoga bisa membantu.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Belajar Komputer dan Internet

Artikel Apakah Overbought atau Oversold...? ini diposting oleh Unknown pada hari Rabu, 29 Agustus 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran anda adalah pelajaran yang sangat berharga bagi saya.

:: Kirim Artikel ini ke Lintas Berita ! ::

1 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuka hati asal jgn menyinggung orang lain aja... :)
Saya tidak menerapkan aturan khusus bagi yang ingin backlink jg monggo diselipkan url-nya.
Karena tujuan utama blog ini dibuat adalah untuk berbagi... Thank's all.
!!! NO SPAM !!!

By Satanic Corporate